Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Belajar yang Baik dan Tepat

Belajar yang Baik

Belajar adalah salah satu hal yang paling terpenting dalam pendidikan. Selain itu, juga tidak hanya dalam bidang pendidikan saja banyak bidang lain yang dalam prosesnya harus dengan belajar dulu. Mengapa orang perlu belajar? 

Belajar dalam KBBI adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Siapa orang tua yang tidak ingin anaknya pandai? Makanya semua orang pasti sejak kecil akan akan melakuakan kegiatan belajar baik formal maupun nonformal, dan ada beberapa orang tidak melakukannya serta banyak juga yang menghindarinya karena alasan tertentu. 


Biasanya kalau sudah menginjak dewasa seseorang akan mengalami penurunan dalam kegiatan belajar. Hal tersebut dikarenakan orang dewasa cenderung lebih susah dalam menerima ilmu ketimbang anak-anak dan remaja. Makanya ilmu yang kita cari sejak kecil itu untuk adalah bekal meraih sesuatu ketika dewasa nanti.

Nah, satu tujuan dari belajar yaitu mendapatkan ilmu serta dapat meningkatkan kepandaian. Selalu berikan keterbukaan pada pikiran anda dan ubah pola piker anda yang negatif tentang belajar, berikan pikiran yang positif dalam hal tersebut. Belajar memang terasa berat bila kita malas dan kalau gak belajar mau jadi apa nantinya kita. 

Ingatlah semakin lama anda memulainya semakin sulit juga anda meraih dunia. Janganlah malas dalam belajar karena kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bila kita belajar, seperti yang di sabdakan Rasulullah SAW hidup harus di isi dengan ilmu.


Bagi kalian yang ingin meningkatkan kualitas belajar bacalah tips-tips dibawah ini semoga dapat membantu anda dalam menemukan hal yang tepat,



1. Belajar Tanpa Mood

Belajarlah karena kesungguhan kita, niat kita untuk berubah, jangan belajar hanya dengan berdasarkan mood saja. Iya kalau pas nice mood, kalau bad mood itu akan menjadikan alasan kita untuk malas belajar, bahkan tidak belajar.

Ilmu yang kita pelajari akan sama halnya dengan air yang menetes di lapangan panas, sangat mudah menguap dan hilang. Jadi untuk kalian yang masih belajarnya sesuai dengan mood hati kalian ubahlah ganti dengan mindset yang berbeda. Selalu sungguh-sungguh dalam belajar gunakan cara untuk memotivasi diri kalian sendiri.



2. Belajarlah Dimanapun Anda Suka

Banyak orang yang mengira belajar harus di dalam ruangan, padahal itu fiktif dan lebih disarankan untuk anda belajar di luar agar mampu berinteraksi dengan lingkungan. Coba carilah tempat yang nyaman dan dapat menenangkan hati dan pikiran kita sewaktu belajar, dengan keadaan yang nyaman kita akan lebih mudah dalam memahami materi yang kita pelajari. 

Belajar yang tenang dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan fokus dalam melakukan sesuatu. Jadi cobalah untuk mencari sebuah lingkungan yang mendukung anda dalam kegiatan belajar agar nyaman dan konsentrasi penuh terhadap materi apa yang ingin dipelajari. 



3. Jangan Belajar banyak Ketika akan Ujian

Inilah sebuah doktrin yang kita rasa sangat keliru, “ kamu harus belajar dengan sungguh-sungguh, besok ada ujian.” Kira-kira teman-teman sudah mendengar perkataan seperti itu kan? Itu adalah sebuah kesalahan. 

Sebenarnya ketika akan ujian kita gunakan untuk merehat otak sekejap agar maksimal mengerjakan soalnya, Justru pada saat hari-hari biasa dan anda pasti sudah di beritahu oleh guru, tanggal sekian ujian. Nah waktu-waktu jauh hari dari hari-H gunakan secara maksimal untuk belajar dengan rutin. 

Jangan ketika diberi tahu ujian anda belajarnya mendadak, sistem KS (kebut semalam) sangat merusak konsentrasi dan materi yang kita pelajari pun semuanya tidak akan tersimpan dengan baik, hal tersebut akan menimbulkan tekanan dan hasilnya pun juga tidak memuaskan.



4. Jangan Hanya Menghafal

Dengan metode satu ini bisa menyukseskan kita dalam mencari nilai yang baik, namun apakah pengetahuan kita akan bertambah? Oh belum tentu. Pahamilah meteri dengan mempelajari konsep-konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. 

Kalau bisa juga buatlah peta konsep tentang materi-materi yang akan anda pelajari, kemudian lakukan praktek juga dengan materi-materi tersebut. Misalnya kamu bicara sendiri menjelaskan seolah-olah kamu adalah seorang guru itu sangat efisien dan mudah di lakukan juga dapat memperbaiki speaking kita. 

Dalam film 3 idiots, ada sebuah quotes yang sangat mengena:”dengan menghafal, kamu bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas, namun kau kau secara langsungtelah menghancurkan 40 tahun hidupmu ke depan.”



5. Jangan Malu-malu Untuk Bertanya

Bila kita belum paham mengenai materi yang di ajarkan, cukup dengan keluarkan pertanyaanmu dan dengan bertanya ini dapat juga menumbuhkan ke aktifan kita dalam menempuh pendidikan. Janganlah malu untuk bertanya karena tidak akan di pungut biaya. 

Jangan pernah merasakan takut salah, gengsi atau sok pintar, takut di bilang lamban oleh teman-teman sebagai alasan. Kalau anda ingin maju, janganlah mundur. Konsisten dalam belajar itu sangat penting terlebih lagi jawaban dari pertanyaan kita akan memberikan satu juta pengetahuan mendatang.



6. Coba dan Gagal (Trial and Error)

Dalam hidup ini, gagal adalah sahabat yang sering menemani kita, janganlah pernah menghindarinya. Kita terjatuh apa yang akan kita lakukan selanjutnya? Berdirikan, gak mungkin ketika kita jatuh untuk tiduran, konyol bukan. 

Dengan terjatuh kita akan tahu cara agar bagaimana untuk berdiri atau bangun. Kita tidak akan pernah tahu benar itu bagaimana jika kita kenal dengan mistakes atau kesalahan. Kita juga harus mencoba, untuk masalah kegagalan itu sudah ada yang menentukan, yaitu Sang Maha Kuasa. 

Hal tersulit apapun yang kita temui ketika belajar pasti akan bisa kita selesaikan, dengan semangat dan pantang menyerah. Coba dan cobalah terus menerus, maka kegagalan tidak akan lagi menjadi musuh kita justru akan menjadi sahabat kita untuk menuju kesuksesan.



Sekian tips yang telah saya sampaikan di atas teruslah semangat dalam meraih kesuksesan, belajar sangatlah penting gunakan waktumu semaksimal mungkin. Mohon maaf bila ada kesalaha kata yang kurang berkenan di hati anda, terima kasih dan dukung artikel ini dengan cara share pada kolom di bawah.

Posting Komentar untuk "6 Tips Belajar yang Baik dan Tepat"