Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kreativitas ? Inilah Pembahasan Lengkapnya

Apa Itu Kreativitas

Motinspive.com - Jika mendengar kata kreatif pasti dalam diri kita secara tidak sengaja telah terpikirkan sebuah definisi, dan setiap orang berfikir bahwa kata tersebut sangat berhubungan dengan sebuah perilaku yang baik dan cerdas. Dan lagi setiap orang mempunyai jiwa keatif sejak lahir.

Manusia mempunyai kemampuan berfikir yang sangat tajam, mereka berfikir dengan otak yang mampu menciptakan berbagai macam ide dan dikembangkan menjadi sebuah kreativitas untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Kreativitas tersebut akan diwujudkan dengan sebuah hal yang unik dan berbeda dengan hal yang lain.


Dengan hal tersebut kita dapat melihat potensi dalam diri sehingga setiap kali kita punya sebuah ide, pasti secara otomatis tubuh kita akan dengan sendirinya akan melakukan sesuatu sebagai wujud nyata dari pengembang ide yang ada dalam otak kita.

Sebagai mana mestinya kreativitas merupakan sebuah kata sangat berarti bagi manusia, dan manusia harus melakukan hal tersebut. Untuk lebih lengkapnya mari kita ulas dan bedah kata Kreativitas ini,



Definisi Kreativitas

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata tersebut berasal dari kata Kreatif yang merupakan kata sifat di imbuhi dengan sufiks pembentuk kata benda yaitu -itas sehingga membentuk sebuah kata Kreativitas

Kreatif sebuah kata sifat yang berarti memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu, dan imbuhan –Itas yang mempunyai arti kualitas atau tingkatan. Dan Arti lengkap dari Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau sama dengan Daya Cipta.


Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Wikipedia, Daya Cipta atau Kreativitas ini merupakan sebuah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan (konsep baru) antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Konsepsi sehari-hari inilah yang membuat Kreativitas itu menjadi sebuah tindakan atau perilaku menciptakan sesuatu yang baru. Secara garis besar daya cipta ini sangat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu Keturunan dan Lingkungan.


Dan Para Ahli menyimpulkan bahwa Kreativitas mampu menciptakan sesuatu yang baru. Hal yang baru tersebut bukan berarti sebuah hal yang diciptakan benar-benar baru tapi sebuah kombinasi antara sesuatu yang sudah ada menjadi hal yang berbeda dari sebelumnya.



Manfaat dan Ciri-ciri Kreativitas

Orang Hidup harus mempunyai kreativitas, Kenapa? Jika orang yang tidak mempunyai jiwa kreativitas di dalam dirinya tidak mungkin manusia bisa berkembang dengan baik. 

Tujuan Kreativitas

Kreativitas bukan berarti mempunyai sebuah kecerdasan yang mutlak, tapi akan muncul sebuah gagasan dan ide baru sehingga akan berkembang dan timbul sebuah imajinasi yang akan membuat seseorang ingin melakukannya. Maka anda harus tahu manfaat dan ciri-ciri orang yang mempunyai kreativitas,


1. Suka Mencoba Hal Baru

Seseorang yang mampu bersatu dengan jiwa kreativitasnya akan bereksperimen untuk membuat hal yang berbeda dari sebelumnya dan suka mencoba tantangan yang ada. Sedikit orang yang yang ingin mencoba hal baru, kebanyakan dari mereka  khawatir akan kegagalan menimpanya. 


Hal tersebut tidak akan terpikirkan jika orang tersebut mempunyai kreativitas dalam dirinya, yang ada hanya sebuah hal yang akan di raih dan berhasil. Itulah sifat orang yang berusaha maju tidak pantang menyerah, lebih baik mencoba 1000 kali daripada berhasil tanpa kegagalan.


2. Mampu Merencanakan Sesuatu dengan Baik

Kemampuan berfikir orang kreatif adalah selalu mengatur sesuatu dengan baik dan tepat secara sistematis. Jika ada rencana satu gagal maka ada sebuah rencana cadangan akan dipakai untuk mengatur jalannya sebuah Tujuan.

Ini sejalan dengan sebuah perjuangan untuk meraih sesuatu dengan berbagai macam tantangan. Misalnya Anda mempunyai uang 1 juta, uang tersebut hanya cukup untuk dibuat makan selama satu bulan. 

Sementara itu masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Bagaimana Mangatur dan merencanakan uang 1 juta itu dengan baik? Orang yang kreatif akan berusaha untuk meminimalisir keinginan dibanding kebutuhan. 


Lalu yang dilakukan adalah memecah uang tersebut sebanyak 500 ribu dipakai untuk modal jualan gorengan dan 500 ribu lagi dibuat untuk makan sehari-hari. Dari uang jualan tersebut rata-rata untung sebanyak 20 ribu perhari selama satu bulan.

Artinya modal jualan tersebut sudah kembali dan untung dalam sebulan sebanyak 600 ribu, serta kebutuhan lain akan dapat terpenuhi dengan baik dengan hasil jualan. Dan akan berkembang secara terus menurus sehingga hasilnya akan lebih dari cukup.


3. Mendorong Diri Agar Mampu Melakukan Sesuatu

Mempunyai sebuah ide akan mendorong seorang untuk melakukan hal yang berhubungan dengan kreativitas. Gagasan atau ide penting dalam melakukan suatu tindakan maka dari itu orang yang kreatif akan selalu berfikir sebelum melakukan tindakan.

Ide itu berupa khayalan atau imajinasi yang berada di dalam otak kita, sehingga gambaran dari imajinasi tersebut akan nyata jika diwujudkan dengan suatu tindakan. Hal tersebut menciptakan sebuah motivasi dalam diri seseorang.

 Motivasi ini mampu mendorong orang agar optimis dan percaya diri dalam melakukan tindakan. Sehingga semangat dalam meraih dan mencapai sesuatu akan terasa penuh suka cita, walaupun gagal tapi kita akan puas dengan hasil karya dan jerih payah yang telah kita lakukan.


4. Menumbuhkan Mental yang Kuat

Mental akan terus tumbuh jika kita telah mengalami berbagai macam peristiwa atau kejadian, dan biasa kita sebut dengan pengalaman. Pengalaman baik atau buruk itu akan membuat kita belajar dari kekurangannya agar kedepannya menjadi lebih baik.

Jiwa kreatif akan terus tumbuh berdampingan dengan mental yang kuat, semakin anda melakukan sesuatu maka semakin kuat dinding mental yang dibentuk. 

Jika kesalahan tindakan kita akan mendapatkan respon yang kurang baik dari orang sekitar maka otomatis mental kita tidak akan kena sebab sudah imunitasnya. Masalah apapun akan kita hadapi dengan tepat dan baik menggunakan pikiran kreatif ini. 


5. Menjadi Pribadi yang Berpikiran Terbuka dan Ingin Belajar

Kreativitas akan terus berkembang dan terus membuka jalan agar kemampuan berpikir seseorang menjadi hal yang baru. Orang yang selalu menerima masukan dari orang lain akan menjadikannya sebagai referensi untuk melangkah atau melakukan sesuatu.

Saran, hinaan, kritik dan segala masukan dari orang lain akan menyertai suatu tindakan yang akan diperbuat. Sehingga Jiwa kreatif akan mendorong dengan sendirinya dengan selalu belajar dan mencari segala sumber informasi untuk acuan dan landasan bergerak. 

Orang kreatif akan selalu haus ilmu dan mereka telah berhasil membuktikan sesuatu yang belum ada menjadi ada, sesuatu yang mustahil dilakukan ternyata bisa dilakukan, dan hasil akan berguna untuk semua orang.



Demikianlah Pembahasan tentang Apa itu Kreativitas, Manfaat dan ciri-cirinya. Semoga menambah wawasan anda dan dukung situs ini untuk menciptakan sebuah kreativitas yang baik dan bermanfaat untuk anda semua, dengan cara tulis komentar dibawah ini👇

Posting Komentar untuk "Apa itu Kreativitas ? Inilah Pembahasan Lengkapnya"

Berlangganan Artikel