Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata Terkenal di Yogyakarta, Cocok Liburan Bersama Keluarga

 Motinspive.com - Pernahkah anda berkunjung ke Jogja ? kalau belum pernah jangan lupa mampir dan kunjungi tempat wisatanya. Banyak sekali destinasi wisata yang ada di jogja mulai dari pantai, candi-candi atau bangunan bersejarah serta pegunungan (wisata alam). Lengkap sudah destinasinya sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai Kota Pariwisata dan Budaya.

Yogyakarta mempunyai luas 32,5 meter persegi dengan penduduk sebanyak 3,689 juta jiwa menurut sensus pada tahun 2020. Dibagi atas 5 Wilayah yaitu Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, Sleman, dan Kota Yogyakarta. Masyarakatnya masih memegang erat nilai-nilai budaya, sebab sejarah yang memperkuat kepercayaan masyarakat disana.

Tugu Jogja

Daerah Istimewa merupakan sebutan wilayah tersebut, nama itu di dapat setelah dua wilayah yang bersatu yaitu Daerah Kasultanan Yogyakarta dan Daerah Pakualam. Pada masa kolonial Belanda, Inggris dan Jepang telah mengakui ekstensi kedua wilayah tersebut dari dunia Internasional.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII pemimpin dua wilayah tersebut menyatakan kepada Presiden RI saat itu yaitu Soekarno untuk menjadi satu wilayah yang utuh setelah Proklamasi Kemerdekaan. Selain itu Daerah Istemewa Yogyakarta pernah menjadi Ibukota Negara Indonesia 4 Januari 1946 sampai dengan 27 Desember 1949. 


Letak Geografisnya yang sangat mendukung dalam kegiatan parawisata sehingga tak mungkin jika pariwisata menjadi sektor utara DIY. Banyaknya tempat wisata dan macam-macam jenis membuat daya tarik tinggi untuk warga lokal maupun mancanegara berkunjung ke Jogja. 

Dinas Pariwisata mencatat bahwa ada sekitar 2,4 juta pengunjung berasal dari wisatawan domestik dan 1,8 juta dari wisatawan mancanegara. Akses masuk ke tempat wisata sangatlah mudah dan jarak antara tempat wisata yang lain tidak terlalu jauh lalu juga transportasi yang mendukung membuat wisatawan semakin betah.

Banyak sekali sektor wisatanya mulai dari pantai, museum bersejarah, dan wisata alam lainnya. Ini beberapa rekomendasi tempat wisata untuk anda jika ingin ke Jogja. Ada lima tempat wisata penting yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan,


1. Candi Prambanan

Bangunan bersejarah ini merupakan salah satu bangunan terkenal dan menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Jogja. Candi in dibangun sekitar Abad ke-9 Masehi dan merupakan Candi Hindu terbesar. Menurut sejarah candi ini dipersembahkan untuk Trimurti menurut kepercayaan masyarakat sekitar.

Dan masyarakat juga membuat dongeng tentang candi tersebut yang menjelaskan asal mula dibangunnya candi Prambanan. Legenda Roro Jonggrang adalah kisah awal mula dibuatnya candi tersebut, banyak orang yang sudah tahu jadi tidak perlu diceritakan lagi. 


Candi Prambanan Terletak perbatasan antara Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah sehingga wilayah administrasinya berada di desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman (Yogyakarta) dan desa Tlogo, Prambanan, Klaten (Jawa Tengah).

Nama Prambanan ini diambil dari lokasinya yang terletak di kecamatan Prambanan, tapi ada banyak pendapat dari para ahli sejarah tentang nama candi tersebut. Candi ini berdiri di atas tanah seluas 39,8 hektare yang terdiri atas 6 kompleks bangunan candi.


Diantaranya 3 Candi Trimurti yang terlatak ditengah yang paling tinggi, 3 Candi Wahana terletak disebelah Trimurti, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok, serta 224 Candi Perwara. 

Ada sebannyak 240 Candi yang terhitung, tapi sekarang hanya tersisa 18 Candi dikarenakan peristiwa alam seperti gempa bumi dan letusan gunung merapi menyebabkan banyak bangunan candi yang runtuh dan lenyap.

Tercatat lebih dari satu juta wisatawan domestik maupun mancanegara per tahun yang berkunjung ke Candi Prambanan. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi jika anda liburan ke Jogja. Anda bisa belajar mengenal sejarah dan mendokumentasikan liburan bersama keluarga. 



2. Pantai Parangtritis

Tempat wisata Pantai Parangtritis terletak di daerah pesisir selatan pulau Jawa, tepatnya di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Keunikan pantai ini dibanding dengan pantai lain adalah pemandangan yang indah, dan disekitar kawasan pantai juga terdapat bukit dan tebing.

Pemerintah Bantul sangat serius mengelola objek wisata ini dengan baik, mulai dari tempat penginapan, pasar, dan tempat parkir yang luas sehingga transportasi seperti bus dapat masuk dengan nyaman. Selain itu masyarakatnya juga mendirikan sebuah fasilitas lain seperti warung makan, sewa kuda, dan sewa kendaraan ATV.

Para wisatawan akan betah selagi menikmati keindahan pantai parang tritis juga dapat bersenang-senang dengan keluarga. Ada kepercayaan dari penduduk setempat bahwa jika berkunjung ke pantai tersebut tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau dan juga mitos tentang Nyi Roro Kidul.



3. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan tempat wisata baru yang dulu dipakai sebagai tempat penambangan batu alam yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Sejak tahun 2014 kegiatan penambangan itu ditutup dan kemudian tahun 2015 Sultan Hamengku Buwono X meresmikan tempat tersebut sebagai tempat wisata.

Lokasi Tebing Breksi ini berada 8 km sebelah selatan Candi Prambanan, tepatnya di desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Keunikan dari tempat wisata ini adalah bekas penambangan batu alam yang membentuk orname-ornamen yang unik dan indah.


Pengelola tempat wisata tersebut juga membuat relief untuk seperti naga dan wayang. Tebing breksi ini terletak di daerah perbukitan Gunung Api Purba Ngalenggeran sehingga pengunjung dapat melihat keindahan Yogyakarta dari atas bukit.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata tersebut bersama keluarga. Banyak pengunjung yang mengabadikannya sehingga tak mungkin jika banyak yang foto Pra Wedding di tempat tersebut. Akses kendaraannya juga mudah jadi jika berkunjung anda tidak perlu khawatir.



4. Museum Keraton Yogyakarta

Keraton merupakan tempat sultan Yogyakarta tinggal bersama keluarganya serta digunakan sebagai tempat berkuasa. Kompleks Keraton Yogyakarta dibangun pada 1755-1756 yang dipersembahkan untuk daerah kekuasaan sultan yaitu Hamengkubuwono I.

Selain itu, sultan Hamengkubuwono juga menjadi kepala arsitek dari pembangunannya. Tata kelola ruang yang masih sama, mengikuti desain dasar kota lama yogyakarta. Banyak sekali ornamen-onamen khas tradisionalnya yang dihiasi oleh motif-motif alam seperti flora dan fauna.


Bangunan Rumah Keraton menggunakan kontruksi rumah berbentuk joglo, merupakan rumah tradisional adat jawa tengahan. Setiap bangunan dogolongkan berdasarkan penerapannya. Bangunan yang dipakai tinggal Sultan mempunyai kelas yang lebih banyak menggunakan motif dari pada bangunan lainnya.

Dan Bangunan tersebut sekarang telah menjadi museum sebagai sejarah betapa agungnya kesultanan yogyakarta di kala itu. Banyak sekali kisah-kisah yang menggambarkan sejarah seperti andong yang digunakan sebagai kendaraan Sultan. 


Keikutsertaan Sultan Hamengkubuwono IX dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia juga tergambarkan di museum tersebut. Sultan Hamengkubuwono juga pernah menjabat sebagai wakil presiden pada 1973-1978 bersama dengan Suharto sebagai presiden. Hal tersebut terbukti dengan mobil dinas bekas dan kendaraan lain yang di pampang di Keraton

Banyak sekali pengetahuan dan sejarah yang kita temui di museum Keraton Yogyakarta. Anda dapat berkunjung bersama keluarga menikmati keindahan bangunan keraton yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Selain itu, ada juga pertunjukan seni jawa yang biasanya diadakan di Keraton.



5. Wisata Gunung Merapi

Gunung ini merupakan salah satu gunung paling aktif di Indonesia terbukti beberapa akhir ini aktivitas vulkanik. Pada tahun 2006 gunung ini meletus dan menewaskan 151 korban jiwa, dan kembali meletus pada 2010 menyebabkan sang juru kunci Mbah Marijan.

Gunung Merapi terletak di ujung sebelah utara Provinsi Yogyakarta, berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.930 meter diatas permukaan laut. Di lereng merapi ini terdapat pemukiman yang hanya berjarak 4 km dari puncaknya. 


Meskipun sering kali aktif dan mengeluarkan abu vulkanik, tetap destinasi wisatanya sungguh indah dan menantang adrenalin. Banyak para pendaki yang ingin menjajal mendaki gunung ini walaupun sangat berbahaya. 

Taman Nasional Gunung Merapi merupakan salah satu tempat wisata yang cukup aman untuk anda kunjungi bersama keluarga karena tidak terlalu jauh dengan lereng gunung merapi. Selain itu Lava Tour Merapi juga destinasi wisata dengan berkeliling di kawasan merapi dengan menggunakan kendaraan Offroad.



Nah, itulah 5 tempat wisata terkenal di Yogyakarta yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Di Kondisi pandemi Covid 19 yang masih belum tahu kapan redanya, banyak dari kita yang berharap bisa liburan bersama keluarga. Yang terpenting adalah kesehatan kita, tetap menerapkan protokol kesehatan harus demi memutus rantai virus.

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata Terkenal di Yogyakarta, Cocok Liburan Bersama Keluarga"

Berlangganan Artikel