Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pikun (Keripik Sukun) Gurih

Pikun (Keripik Sukun)

Sukun merupakan tanaman yang banyak di temui di daerah jawa, kata sukun dalam bahasa jawa yang berarti tanpa biji, memang buah sukun tidak mempunyai biji, dan sukun ini termasuk sejenis dengan kluwih. Sukun mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi serta dapat juga di gunakan sebagai sumber karbohidrat penting. Nama latinnya Artocarpus Altilis.

Biasanya dalam satu pohon dan dengan rentang waktu satu tahun, pohon sukun dapat menghasilkan 200 buah, tetapi tidak semua buah sukun dapat bertahan hingga tua, kebanyakan kalau berbuah banyak yang jatuh pada masa muda. Hal ini di karenakan kondisi pohon yang beradaptasi dengan musim kalau musim penghujan biasanya berbuah sedikit tapi banyak yang bertahan sampai tua, dan pada musim kemarau justru sebaliknya banyak berbuah tetapi sedikit sekali yang dapat bertahan sampai tua.

Banyak sekali manfaat dari buah sukun ini selain untuk mempertahankan rasa kenyang juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah, selain di buahnya daun sukun ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk menurunkan kolestrol, mengatasi penyakit asam urat, dan lain sebagainya.

Biasanya sukun tumbuh di daerah pedesaan atau pemikiman masyarakat banyak juga yang suka dengan buah tersebut mulai di goreng, di buat keripik, di buat tepung dan lain-lain. Bila anda menyukai buah ini anda bisa mencobanya untuk di kripik, karena lebih mudah, praktis dan murah dengan cukup menyiapkan bahan-bahan di bawah :

Bahan-bahan :

Buah Sukun yang sudah tua ( cara memilih buah yang tua adalah dengan kondisi luar buah, biasanya sudah berwarna agak kehitaman dan ada sperti lumut-lumutnya)
3  siung      Bawang Putih
3  siung      Bawang Merah
1  butir       Kemiri
1  sdm        Garam
Air Secukupnya.
Lada Butir Secukupnya.

Cara Membuatnya :

  • Pertama-tama kupas kulit buah sukun, lalu potong menjadi empat bagian,
  • Setelah itu, potong melintang tipis-tipis buah sukun tersebut anda juga bisa menggunakan alat untuk memotong buah sukun tersebut,
  • Jika sudah selesai memotong buah sukun, siapkan cobek untuk menghaluskan bumbu, ulek bumbu sampai halu,
  • Siapkan wadah lalu masukkan bumbu halus tadi dan beri air secukupnya, Masukkan potongan-potongan buah sukun tadi ke dalam bumbu,
  • Biar bumbu benar-benar meresap dan agar di goreng cepat kering, rendam semalaman atau kira-kira 10-12 jam,
  • Bila sudah melewati waktu tersebut tiriskan buah sukun, lalu panaskan wajan dengan minyak gorang yang agak banyak,
  • Goreng sukun dengan kondisi api yang kecil agar tidak mudah gosong, setelah semua selesai dan di goreng dan di tiriskan, Kripik Sukun (Pikun) siap untuk di nikmati.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pikun (Keripik Sukun) Gurih"