Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Arti Penting Kerja Keras


Arti Penting Kerja Keras - Kerja keras merupakan bekal utama setiap orang yang menginginkan kehidupannya menjadi lebih baik. Sebuah upaya dengan serius dan sepenuh hati untuk mencapai segala sesuatu yang diinginkan. Tak peduli ada banyak hambatan di depan mata namun tetap diterobos sampai tujuan itu benar-benar menjadi kenyataan. Kerja keras tentunya disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri, tidak dipaksakan, agar tidak terjadi sesuatu yang lebih fatal. 

Setiap orang pastinya bisa mengukur kemampuan diri mereka sendiri, sesuai dengan kadarnya masing-masing. Bagi orang yang benar-benar menikmati pekerjaannya, tantangan adalah sesuatu hal yang biasa, apalagibagi seorang pekerja keras. Semua tantangan itu akan dilewatinya dengan sangat sederhana. Untuk itulah, Jansen Sinamo (2010:12) memberikan pandangan tentang kerja keras dalam kehidupan kita dalam beberapa rumusan, yaitu:


1. Kerja adalah Rahmat

Mempunyai makna bahwa pekerjaan yang dilakoni dengan proses yang baik, dengan proses yang suci, yang kemudian hasinya juga akan menjadi sesuatu yang terbaik bagi kita. Kewajiban kita sebagai manusia adalah bekerja, tidak kemudian memaksakan diri untuk mendapatkan uang meskipun dengan cara yang kotor. Bekerja dengan cara yang kotor sama halnya dengan para pencuri, perampok, dan lain semacamnya. 

Terkadang memang manusia ini tamak. Setelah dikaruniai pekerjaan oleh Tuhan uang menurut orang lain dibawah kita adalah pekerjaan yang sangat nyaman, kita kemudian mencari yang lebih nyaman lagi, hingga kita tak menemukan ujung yang tak jelas. Akhirnya kita tak menemukan ketenangan. Padahal, persoalan pekerjaan dalam kehidupan ini, menurut orang Jawa, disebut Sawang Sinawang, hanya dapat saling sangka. Yang satu menyangka bahwa pekerjaan yang dilakukan temanya lebih enak. Padahal, temannya juga menyangka bahwa pekerjaan dilakukan oleh orang tersebut belum tentu lebih enk darinya.

Marilah kita menjadikan pekerjaan kita betul-betul rahmat yang telah diturunkan oleh Tuhan dan pekerjaan itu benar-benar yang paling cocok dengan kita.



2. Kerja adalah Amanah

Orang yang beranggapan bahwa pekerjaan itu amanah selalu berupaya untuk melakukan pekerjaanya dengan sebaik-baiknya. Mereka akan menjalankannya dengan jujur, terbuka, tak berbuat curang, tak memakan barang riba, dan sebagainya. Mereka menjalankan pekerjaannya seolah-olah adalah titipan Tuhan yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sadarilah bahwa pekerjaan adalah amanah yang harus kita jalankan dengan sebaik-baiknya.

Jadilah orang yang sangat bertanggung jawab dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi kita di tempat kerja, agar kita bisa memegang komitmen dalam bekerja. Kita harus membina mentalitas lebih kuat dan lebih matang lagi. Tampakkan kepada dunia bahwa kita adalah orang-orang yang benar-benar dewasa dalam bekerja, meminjam ungkapannya Lim How "Keberhasilan atau kegagalan sesungguhnya lebih disebabkan oleh sikap mental daripada Kapasitas".



3. Kerja adalah Panggilan

Orang yang memiliki pemahaman bahwa bekerja sebagai panggilan adalah mereka yang sadar dengan tanggung jawab yang sedang diembannya. Dorongan seperti itulah yang membuat kita seperti terpanggil dengan sendirinya untuk melakukan berbagai macam usaha keras untuk memenuhi kebutuhan kita. 

Usaha membuahkan hasil setelah seseorang manolak berhenti melakukannya, demikian ungkapkan Napoleon Hill suatu waktu seraya memberikan motivasi kepada kita agar benar-benar terpanggil untuk menjadi seorang yang berhasil dalam semua posisi pekerjaan kita. Kita sendiri tentu saja bangga dengan diri kita bila apa yang kita lakukan menuai keberhasilan.



4. Kerja adalah Ibadah

Bermuara bahwa bekerja adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Tuhan. Menurut M. Quraisy Shihab (2008: 76) ibadah adalah kerja dan kerja adalah ibadah. Tetapi perlu diingant bahwa kerja atau amal yang dituntut-Nya bukan asal kerja, tetapi kerja yang shalih atau amal shalih. Shalih adalah sesuatu yang bermanfaat lagi memenuhi syarat-syarat dan nilai-nilainya. 

Bagaimana kemudian kita mampu berbuat yang shalih bagi kenyataan hidup kita, berbuat yang shalih bagi lingkungan kita, serta bekerja dengan tetap memiliki nilai-nilai positif untuk perkembangan kehidupan kita agar semakin baik. Niatkanlah segala pekerjaan yang kita lakukan untuk ibadah. Niscaya, kita akan mendapatkan pahala.



Bekerja sangat membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan, bila anda bekerja dengan prinsip tersebut niscaya apapun pekerjaanmu akan kau lakukan dengan penuh semangat dan kau lakukan dengan pandangan untuk meningkatkan kinerja menjadi yang baik dan melebihi yang baik. Semoga bermanfaat!!!

Posting Komentar untuk "Inilah Arti Penting Kerja Keras"

Berlangganan Artikel