Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Agar Kamu Cepet Move On dari Kegagalan

Kegagalan

Cara Agar Kamu Cepet Move On dari Kegagalan - Pernahkah kamu mengalami sebuah kegagalan dalam meraih sesuatu? Kegagalan bukanlah penghambat untuk kamu berhasil dalam meraih kesuksesan, tetapi itu justru sebuah stimulan untuk kamu terus fit dalam tujuanmu. Jangan sesekali anggap bahwa kegagalan tersebut merupakan akhir dari segala hal.

Kegagalan di hari ini tidak akan mencegah kamu dalam meraih suatu tujuan. Ingatlah usahakan tujuanmu secara terus-menerus dan berdoalah kepada Sang Maha Pemberi karena rezeki itu tidak akan kemana. Apabila kita masih gagal artinya kita masih mempunyai peluang untuk berhasil, tapi kalau kita pada posisi yang berhasil, sukses, jaya kalau kita tidak bisa mempertahankan keberhasilan tersebut hasilnya sama saja. 

Jadi jangan pernah putus asa dalam sebuah kegagalan tersebut dan hidupkan rasa percaya diri kamu untuk mencoba yang kedua kalinya atau kesekian kalinya karena keberhasilan tidak mungkin tidak dengan sebuah kegagalan itu yang pernah dikatakan oleh orang terkaya se-Asia yaitu Jack Ma.


Jika kamu telah gagal dalam melakukan sesuatu atau belum mengalaminya mungkin karena kamu takut untuk mencoba. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa bangkit dari kegagalan dan tidak harus berlama-lama untuk meratapinya jadikan sebuah kegagalan menjadi pengalaman yang berharga. Untuk kembali bangkit dari kegagalan tersebut dibutuhkan ketekunan dan kegigihan serta motivasi yang kuat. Apabila kamu mengalami kegagalan, perhatikan tips-tips untuk bangkit dari kegagalan berikut:


1. Ikhlas Menerima Kegagalan

Cobalah untuk menerima kenyataan bahwa anda telah gagal. Jangan berpaling dari masalah ini, tetapi hadapi saja. Cobalah untuk menerima diri, katakan bahwa anda memang benar-benar telah gagal. Namun kegagalan tidak menggambarkan siapa anda, anda masih bisa bangkit dalam meraih kesuksesan kembali. Ibaratkan bahwa sebuah keikhlasan itu bagaikan kalau berak, kalau udah ya udah gak usah dipikirin lagi itu akan membuat hati kamu akan lebih plong. 

Di dalam hati merasakan tidak ada beban yang mengganggu serta dengan kita ikhlas artinya segala kegagalan yang kita lalui harus diterima lapang dada dan berusaha lebih baik lagi agar tindakan selanjutnya bisa menghasilkan hal yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.


2. Evaluasi Diri

Renungkan sejenak, apa saja kesalahan anda yang membuat anda gagal supay anda tidak terjatuh lagi pada lubang yang sama. Apakah anda kurang percaya diri dalam melakukannya atau anda kurang persiapan. Dengan cara mengevaluasi diri kita akan lebih paham titik mana yang telah membuat kita gagal dan membuat rencana untuk melakukan sebuah tujuan untuk meraih keberhasilan.


3. Mempertahankan dan Memperbaiki Visi

Anda harus mempertahankan visi anda sebelumnya. Jangan menyerah dengan visi anda. Tetaplah melihat tujuan atau visi yang ingin anda capai. Seorang yang mempertahankan pandangannya pada visi, dialah yang akan memiliki sebuah kekuatan untuk menjadi yang terbaik bagi dirinya sendiri, dan juga akan memberikan manfaat bagi orang lain.


4. Meningkatkan Potensi Diri

Seseorang akan semakin beruntung dengan semakin banyak persiapan yang dimilikinya. Semakin tinggi anda mampu mengeluarkan potensi diri anda maka semakin matang pula persiapan anda untuk mnghadapi sebuah kegagalan sehingga anda akan meraih sebuah keberuntungan juga.


5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Anda harus mempunyai kepercayaan diri ketika anda akan mencoba bangkit dari kegagalan. Dengan percaya diri anda akan mampu untuk berusaha menjadi lebih baik lagi. Kepercayaan diri tersebut sangat berpengaruh pada keberhasilan anda selanjutnya. Dengan begitu anda akan lebih percaya bahwa anda dapat melakukannya dan lebih percaya akan kemampuan diri yang mungkin masih terpendam dalam diri anda.


6. Kembali ke Titik Nol

Titik nol yang dimaksud adalah saat dimana semangat kita sedang besar-besarnya. Saat itu, begitu banyak ide di kepala kita. Daripada hanya hanya meratapi sebuah kegagalan yang tiada gunanya dan akan merugikan bagi diri kita. Lebih baik bawalah pikiran dan semangat kita seperti awal mula ketika kita hendak melangkah. Pikirkan kembali hari-hari yang membuat bersemangat dan tidak sekedar menunggu untuk memulainya. Hal ini akan merefresh tujuan kita kembali untuk bergerak kembali meraih keberhasilan.


7. Terima Saran dan Masukan dari Orang Lain

Diskusikan apa yang membuat kita gagal dan dengarkan pendapat dari orang lain mengenai hal tersebut. Kita tidak tahu dukungan seperti apa yang kita dapatkan, mulai dari meredakan rasa putus asa, membangkitkan semangat hingga informasi yang bisa di dapat.


8. Mencari Hal Baru

Luangkan waktumu untuk mencari langkah baru dan pastikan kita menyukai apa yang kita sedang kerjakan meskipun penghasilannya tidak seberapa. Terkadang kebahagiaan dan rasa nyaman akan membuahkan hasil kerja yang lebih maksimal. Dengan hal baru pikiran anda akan selalu terbuka dan mendapatkan sebuah ide-ide untuk melangkah menuju keberhasilan.


9. Yakinkan bahwa Kegagalan Bukanlah Alasan untuk Berhenti

Jadikan diri kita ini seseorang yang gigih dalam menghadapi sesuatu tanpa harus berhenti setelah akhirnya jatuh, jatuh atau gagal adalah proses pembelajaran sampai kita benar-benar berhasil. Keyakinan dalam diri buatlah menjadi istiqomah sebab kita tidak tahu bahwa sebenarnya di depan itu     keberhasilan besar menantimu.


Oke, sekarang kalian telah paham tentang bagaimana cara mengatasi kegagalan agar kita tidak larut dalam kekelaman tersebut. “Cengkeramlah sesuatu yang benar-benar ingin kau cengkeram, hingga sesuatu itu benar-benar sudah tercengkeram”. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga saja bermanfaat untuk anda bisa bangkit dari sebuah kegagalan.

Posting Komentar untuk "9 Cara Agar Kamu Cepet Move On dari Kegagalan"

Berlangganan Artikel